Pentingnya Menyegerakan Berbuka dan Mengakhirkan Sahur

Kehadiran Ramadhan mengundang simpati yang luar biasa dari kalangan umat muslim, bahkan non muslim. Sudah menjadi hal yang tak lumrah lagi karena rutinitas ibadah ini ada pada setiap tahunnya.

Buka dan sahur sudah menjadi Sunnah Rasulullah Saw ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bahkan sahur sendiri menjadi pembeda antara puasa umat Nabi Muhammad Saw dengan Nabi atau umat-umat sebelumnya. Berkahnya puasa ada pada sahurnya, sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَةً

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Berikut adalah dalil yang menyebutkan akhlaq nabi dan salahsatu didalamnya disebutkan pula bagaimana akhlak nabi ketika berpuasa. Diriwayatkan oleh Imam Thabrani dalam al-Mu’jam al-kabir bahwa;

” ثلاث من أخلاق النبوة تعجيل الإفطار ، وتأخير السحور ، ووضع اليمين على الشمال في الصلاة “

Ada tiga perkara yang termasuk akhlaq Nabi; menyegerakan ifthar, mengakhirkan makan sahur, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri ketika (berdiri) dalam shalat” (Majma’ az Zawaid 2/150)

Alangkah mulianya akhlaq Nabi, serta indahnya Islam mengatur sedemikian rupa. Sebagai umat Islam kita patut bersyukur, bahkan banyak kemudahan ada pada umat Islam sendiri. Namun, sebaliknya ujian dari nikmat yang ada perlu di wanti-wanti agar tidak terbuai dan tetap berjalan sesuai dengan koridor Islam.

Baca juga: Belajar Bahasa Arab di Kampung bahasa pare

Buka Puasa Bersama di Al-Azhar Pare

Menyegerakan berbuka memang menjadi salah satu akhlaq nabi yang sudah disebutkan. Nah kali ini, tepatnya hari Jumat tanggal 23 April lalu dilaksanakan buka bersama. Selain berbuka puasa bersama, agenda ini dilaksanakan dalam rangka silaturahim antar guru kelas dengan pelajar-pelajar yang ada.

Dalam salahsatu haditsnya Rasulullah Saw bersabda,

Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua. (HR Abu Dawud).

Manisnya iman dengan berkah yang berlipat-lipat di bulan Ramadhan sangat di harapkan oleh kaum muslimin. Buka bersama yang biasanya dilakukan di asrama ataupun di rumah masing-masing kali ini terasa berbeda karena suasana yang berbeda pula. Meskipun demikian, kebersamaan selalu menjadi ajang pembelajaran bahwasanya kita tidak bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan manusia lain sebagai manusia social. (Luthfi Zain)

Baca juga: Program Belajar di Kampung Inggris yang seru